Muda Hemat Tua Kaya Raya, 7 Manfaat Menabung Sejak Dini

Mengatur keuangan penting dilakukan agar hidupmu nanti selalu berada di kondisi yang tepat. Salah satu cara me-manage keuangan adalah dengan menabung.

Promo.web.id - “Money, like emotions, is something you must control to keep your life on the right track.”―Natasha Munson

Kemampuan mengontrol emosi bisa sangat membantu dalam kegiatan sehari-hari, begitu juga dengan mengontrol keuangan. Kamu harus bisa mengontrol keuangan dengan baik. Mengatur keuangan penting dilakukan agar hidupmu nanti selalu berada di kondisi yang tepat. Salah satu cara me-manage keuangan adalah dengan menabung.

sumber:pixabay

Jangan salah, meski sederhana ternyata manfaat menabung itu sangat besar, lho, apalagi jika sudah kamu lakukan sejak dini. Kalau bisa, lakukan hari ini. Tak perlu menunggu jika gajimu sudah banyak, atau saat usia tua dan berkeluarga.

Mulailah menabung sejak muda. Semakin cepat kamu memulai menabung akan semakin baik. Berikut ini ada 7 manfaat menabung sejak dini. Apa saja, ya?

1. Membuatmu lebih disiplin dan mandiri secara finansial

Dengan membangun kebiasaan menabung, kamu bisa lebih disiplin dalam membedakan antara keinginan dan kebutuhan.

Sehingga, ketika ada hasrat ingin belanja cantik di e-commerce kesayangan, kamu hanya akan membeli yang dibutuhkan saja. Gak ada tuh ceritanya niat beli makeup, jadi bertambah beli sneakers.

Sisa uang yang dimiliki bisa ditabung untuk hal lain yang lebih penting. Kamu sadar bahwa harus pintar dalam mengelola uang, karena uang yang didapat merupakan hasil kerja keras, jangan sampai ngabisin uangnya setengah sadar.

Dengan begitu, kamu memiliki rasa tanggung jawab dan mandiri, khususnya secara finansial terhadap diri sendiri sampai tua nanti.

2. Membangun kebiasaan menabung

Kebiasaan baik perlu dipupuk sejak masih muda, begitu juga dengan kebiasaan menabung. Membangun kebiasaan menabung merupakan salah satu manfaat menabung yang sangat baik, karena kamu tetap bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan tabungan yang dimiliki, meskipun kamu berada dalam kondisi finansial yang tidak ideal.

Kamu akan terbiasa menyisihkan gajimu di awal bulan untuk langsung masuk ke pos tabungan, tidak menunggu berapa uang yang tersisa di akhir bulan untuk ditabung.

3. Sebagai dana darurat

Di masa yang serba tidak pasti seperti saat ini, seperti adanya pandemi, memiliki tabungan adalah sebuah privilege besar. Kita tidak pernah tahu kapan terjadi hal di luar kehendak kita.

Memiliki simpanan dana sangat penting untuk dimiliki. Jadi, selain mengalokasikan dana untuk kebutuhan sehari-hari, kamu juga menabung dengan mengalokasikannya ke dana darurat.

Ini penting sebagai ‘nyawa’ tambahan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di masa depan, tanpa perlu berutang dan merepotkan orang lain.

4. Menjauhkanmu dari jeratan utang

Pernah dengar istilah “We buy things we don’t need, with money we don’t have, to impress people we don’t like”?

Demi memenuhi kebutuhan apalagi untuk sekadar lifestyle, tak sedikit orang memilih jalan pintas untuk berutang. Hati-hati jika tidak bisa mengontrolnya, ini bisa menjadi kebiasaan yang tidak bagus buat masa depan.

Dengan menabung, kamu bisa membeli barang mahal dengan mudah, tanpa perlu bayar cicilan utang dengan berpayah-payah. Jangan sampai hidupmu gak tenang gara-gara banyak utang, ya!

5. Mencapai tujuan finansial lebih cepat

Menabung bisa menjadi ‘kendaraan’ untuk mencapai tujuan yang kamu mau. ‘Kendaraan’ tersebut berbentuk alokasi dana di pos budget tertentu.

Misalkan, jika kamu ingin membeli PS5, kamu bisa membuat tabungan khusus dan menyisihkan dana di sana. Dengan membuat pos budget sesuai tujuan finansial, maka kamu memiliki motivasi lebih untuk menabung agar keinginanmu lebih cepat tercapai.

6. Memberi ketenangan di masa depan

Coba menunda konsumsi kecil yang tidak terlalu penting, kurangi ngopi-ngopi atau beli boba, investasikan untuk sesuatu yang lebih besar di masa depan nanti, tentunya yang membuatmu lebih bahagia. Rasakan manfaat menabung sejak dini di kemudian hari.

7. Bentuk investasi jangka panjang

Pilihlah jenis investasi yang sesuai profil risiko kamu dan juga bisa menguntungkan. Sewaktu-waktu jika kamu membutuhkannya, investasi jangka panjang ini siap untuk dicairkan.

Sudah banyak pilihan untuk menempatkan uang tabungan. Tidak hanya tabungan dan deposito di bank saja yang bisa kamu jadikan pilihan, ada juga instrumen investasi lain seperti reksa dana dan saham.

Itulah tadi 7 manfaat menabung sejak dini. Sudah tahu kan, apa manfaat menabung yang bisa kamu dapatkan nanti? Pasti mau dong, saat kamu tua jadi kaya raya? Mulai menabung dari sekarang, yuk!

Sumber: NeoBank (https://www.bankneocommerce.co.id)

© Web Promo Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain