Cara Jitu Hitung Diskon Supaya Gak Gampang Kegocek

Mendengar kata diskon, biasanya orang-orang langsung tergoda. Padahal diskon ada berbagai macam, cara hitungnya pun berbeda-beda.

Promo.web.id - Mendengar kata diskon, biasanya orang-orang langsung tergoda. Padahal diskon ada berbagai macam, cara hitungnya pun berbeda-beda.

sumber:pixabay

Diskon spesial tanggal kembar memang bisa bikin gempar, seringkali efeknya bikin isi dompet terkapar. Diskon 9.9, 10.10, 11.11, dan 12.12 di e-commerce memang susah dilewatkan. Tapi gak cuma online, diskon juga mewarnai toko-toko offline. Melihat pajangan diskon saat jalan-jalan ke mal pasti sangat menggiurkan, apalagi kalau diskonnya besar.

Pemberian diskon atau potongan harga selalu jadi cara ampuh yang digunakan untuk mempromosikan produk. Potongan harga itu ada berbagai bentuk dan jenisnya. Gak cuma potongan harga sekian persen saja. Nah, supaya gak bingung dan gak gampang termakan diskon besar, yuk cari tahu cara menghitung diskon yang jitu.

Bagaimana Cara Menghitung Diskon Sesuai Jenisnya?

Ada beberapa jenis diskon yang biasanya ditemui di pasaran. Inilah macam-macam jenis diskon dan cara menghitungnya.

1. Diskon A% + B%

Potongan harga jenis ini paling sering menarik perhatian, misalnya diskon 50% + 10%. Sekilas mungkin kita akan menganggap kalau diskon tersebut dijumlahkan berarti yang akan didapat adalah sebesar 60%. Tapi, sayangnya bukan demikian. Begini cara hitung yang benar.

  • Diskon pertama: 50% x 1.000.000 = 500.000
  • Diskon kedua: 10% x 500.000 = 50.000
  • Total diskon = 550.000
  • Total harga bayar = 1.000.000 - 550.000 = 450.000

2. Diskon Off

Kalau kamu menemukan tanda diskon 20% off, berarti kamu mendapat potongan harga 20% saja. Cara menghitung diskon 20 persen tersebut adalah harga barang dikalikan diskon.

3. Cashback

Cashback ini berupa pengembalian uang dalam nominal tertentu kepada konsumen. Kamu harus tetap membayar harga normal terlebih dahulu. Barulah, kamu akan dapat pengembalian dana sesuai nominal cashback. Tapi, beberapa merchant punya ketentuan maksimal cashback yang diberikan yang mesti kamu perhatikan.

4. Diskon Up To

Kamu mungkin sering menemukan pengumuman diskon 90% dengan tulisan up to yang kecil di dekat angka. Meskipun yang diumumkan di angka sekian, tapi sebenarnya banyak barang yang diskonnya hanya 10% sampai 90%. Tapi, barang yang diskon 90% tersebut stoknya sedikit dan sering sulit ditemukan.

Setelah tahu cara menghitung diskon, belanja kamu bisa jadi lebih jelas dan terukur. Gak jadi asal beli cuma karena melihat angka diskon yang gede. Perhatikan juga syarat dan ketentuan yang berlaku. Soalnya, banyak informasi penting yang ada di situ. Jangan lupa, bayar belanja diskonan kamu pakai Bank Neo, ya!

Sumber: NeoBank (https://www.bankneocommerce.co.id)

© Web Promo Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain