Berikut 3 Investasi Terbaik untuk Pemula | Silahkan Kenali Lebih Dalam!

Promo.web.id - Banyak orang kini mulai memahami pentingnya berinvestasi. Investasi merupakan salah satu kebutuhan masyarakat saat ini. Manfaat berinvestasi, terutama di saat ketidakpastian, adalah sebagai sarana untuk melindungi kekayaan jika kita bisa memilih investasi dengan bijak.

Jadi mengapa kita perlu menyadari pentingnya berinvestasi? Karena itu adalah salah satu upaya kami untuk meminimalkan risiko inflasi setiap tahun dengan berinvestasi. Inflasi adalah kenaikan semua harga dan berlangsung untuk jangka waktu tertentu. Yuk pelajari lebih lanjut tentang jenis investasi terbaik yang cocok untuk Anda di tahun 2021!

1. SAHAM

Saham merupakan salah satu jenis sarana investasi jangka panjang yang banyak diminati oleh masyarakat umum saat ini. Saham adalah surat berharga yang menunjukkan kepemilikan suatu entitas, seperti pendapatan dan aset. Melalui BEI (Bursa Efek Indonesia), masyarakat umum dapat memiliki saham di perusahaan tercatat.

Jika kita berinvestasi di saham, kita juga bisa digolongkan sebagai pemilik perusahaan. Namun, sebagian kepemilikannya ditentukan oleh jumlah penyertaan dalam Perseroan.

Ada dua manfaat utama berinvestasi di saham.

  1. Capital gain adalah keuntungan dari selisih antara harga jual dan harga beli suatu saham.
  2. Dividen adalah keuntungan yang dibagikan oleh perusahaan publik atau perusahaan yang timbul dari keuntungan yang dihasilkan oleh Tbk. NS.

Selain keuntungan, investasi ekuitas juga membawa risiko sebagai berikut:

  1. Risiko likuiditas adalah suatu kondisi dimana suatu perusahaan publik dinyatakan pailit oleh pengadilan. Kemudian dibubarkan, menjual aset dan membayar semua hutang. Pemegang saham berhak atas sisa penjualan jika ada sisa dari harga jual.
  2. Capital loss adalah kerugian akibat selisih harga jual dan harga beli suatu saham. Capital loss adalah kebalikan dari capital gain.

2. REKSA DANA

Ketika kita berinvestasi dalam rasa saling percaya, itu berarti kita telah berinvestasi dalam saham, obligasi, dan deposito. Namun, perwalian investasi memiliki perantara manajer investasi profesional yang tugasnya mengumpulkan dana, dan mereka juga mengelola investasi kita dengan strategi mereka.

Trust investasi dapat menjadi pilihan bagi mereka yang tidak memiliki pengalaman yang cukup di arena investasi. Namun, manfaatnya tidak sebesar berinvestasi di saham.

Ada beberapa jenis perwalian investasi.

  1. Reksa dana pasar uang adalah jenis kepercayaan investasi yang terdiri dari 100% produk pasar uang (deposito, obligasi pemerintah, obligasi swasta).
  2. Reksa dana obligasi adalah reksa dana dengan komposisi lebih dari 80% dalam bentuk obligasi pemerintah.
  3. Reksa dana saham merupakan jenis reksa dana dengan komposisi 80% berupa saham.
  4. Reksadana campuran adalah jenis kepercayaan investasi yang terdiri dari saham, obligasi, dan pasar uang.
  5. Reksa Dana Indeks dan ETF adalah jenis reksa dana yang menggunakan indeks saham sebagai acuan, seperti Reksa Dana ETF IDX30 dan Reksa Dana ETF LQ45.

3. EMAS

Emas dan logam mulia merupakan salah satu investasi terbaik bagi sebagian masyarakat Indonesia. Selain itu, jenis investasi ini merupakan aset yang mudah diperdagangkan. Selain itu, di masa pandemi COVID-19 saat ini, harga emas juga cenderung naik belakangan ini. Maka tidak heran jika emas menjadi salah satu instrumen terbaik di tahun 2021.

Memang, keuntungan berinvestasi emas hanya bisa dinikmati dalam jangka panjang, namun risiko mengalami penurunan harga tidak sebesar risiko berinvestasi di saham.

Nah, dari penjelasan di atas, tentunya Anda sudah mengetahui jenis investasi yang tepat untuk Anda! Sebelum memutuskan produk investasi mana yang tepat untuk Anda, pastikan modal yang Anda miliki sesuai dengan kemampuan Anda!